Hari ini baru nyadar cara untuk meminimalisasi nasi kering di rice cooker. Dahsyat banget ini tips! Siap-siap ya!

Jarak waktu antara makan siang dan makan malam kan lumayan bikin (sebagian) nasi kering dan gak bisa kemakan di rice cooker. Ya, emang karena untuk dimakan sendiri, sekali masak nasi cukup untuk dua kali waktu makan ini saja. Cara paling naif yaitu menambah proporsi air terhadap nasi. Semakin banyak air membuat nasi akan semakin lama mengalami kekeringan, bukan? Soalnya dibutuhkan waktu lebih lama untuk menguapkan lebih banyak volume air pada nasi. Konsekuensinya, nasi jadi berair alias lembek. Gak jadi bubur sih, cuma yaaa basah aja. Nggak enak, coy!

Cara lain yang lebih cerdas adalah saat nasi matang, gunakan sendok nasi untuk ‘mengangkat’ nasi dari dasar dan samping rice cooker. Ya betul, hal ini untuk mengurangi luas permukaan nasi yang ‘menempel’ pada rice cooker. Karena kalau kita perhatikan, nasi yang biasanya cepat kering bukan lah nasi yang berada di tengah, melainkan di pinggir dan di bagian bawah, yang tepat bersentuhan dengan dinding-dinding rice cooker. Dengan ‘memisahkan’ nasi, nasi tidak akan lengket sekaligus membuat daya tahan dari kekeringan semakin lama. Yah, sedikit lebih lama. Sedikiiiit aja. Setidaknya sampai waktu makan berikutnya yang menghabiskan seluruh nasi yang bersisa. Makanan jangan dibuang-buang, yaaa…

Sekian tips praktis nggak penting soal menanak nasi akibat rasa bersalah kalau banyak nasi kering yang tak termakan. Apapun yang terjadi, kita tetap negara pemakan nasi tertinggi di dunia dengan konsumsi rata-rata 139kg/orang/tahun. Hidup nasi!

Gambar: [1]

Tagged with:
 

10 Responses to Tips biar nasi nggak kering

  1. Andik says:

    kalo saya gini…. sekitar stgh-1 jam setelah nasi matang, saya tuangkan seperempat gelas air putih matang… lalu tutup lagi… insya Allah sampai besok jg msh enak… :D iseng2 nyobain karena secara teori kan jika kita bisa mempertahankan kelembaban air di dalam rice cooker, maka nasi ga menjadi kering… kl dibanyakin pas masaknya jelas ga mungkin, nasi akan jd benyek kan… hehe

  2. Agung says:

    @mas Andik: weit, kayanya lebih cerdas triknya situ, mas :P

  3. Kalau saya triknya, saya pasang timer, fungsinya saya set timer 1 jam nyala 2 jam mati, lumayan jadi menghemat listrik juga, sampai 2 hari juga masih bisa dimakan nasinya. Timer juga nggak mahal dibawah 100rb.

  4. Agung says:

    @Wisata dan Kuliner: Thanks buat tipsnya!

  5. Iwan says:

    wah mantab tipsnya. betul, sayang kalau sampai nasinya kering tidak termakan.\

  6. Mas aviep says:

    Kalo nasinya kering ya di goreng aja kan mak nyuus tenan !

  7. Mas aviep says:

    Atau nasinya buat makan bebek aja…ntar bebeknya kalo udah gemuk di potong aja kan top markotop mak enyuuuus tenan !

  8. dari seminggu lalu aku nanak nasi bau ya gan.. biasanya 2 hari tak ada bau walau sampai kering itu nasi. kenapa yah.

  9. Kalo terpaksanya ada sisa nasi yang kering, saran saya jgn dibuang. Coba kerok semua nasi kering di dinding rice cooker kmd beri air secukupnya, lalu nyalakan rice cooker (tombol utk masak loh ya). Niscaya nasi kering jadi pulen lagi. Tp ingat airnya jgn kebanyakan – cukup 1/2 atau 3/4 dari batas nasi. Tetep enak kok.

  10. Ica says:

    Magic com harmond baru tp pas dipakai 2 jam nasi nya langsung kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>