(bagian sebelumnya: Mlancong to Karimunjawa (1))

Minggu, 8 Juli 2012

Setelah sarapan, kami sudah kembali mengarungi laut sekitar pukul 06.30 WIB. Tak mau menyia-nyiakan waktu, kami sampai di spot berikutnya dan terjun ke laut untuk menyaksikan indahnya terumbu karang. Perairan ini lebih dalam dan lebih indah daripada yang kemarin. Terumbunya juga lebih bermacam-macam. Dunia bawah laut itu mengagumkan, begitu banyak yang terlihat aneh buat kita. Misterius sekaligus menyimpan keagungan Tuhan. Entah bagaimana rupa laut-laut terdalam di dunia yang dalamnya hingga beribu meter. Entah pula bagaimana wujud binatang-binatang penghuninya yang tak tersentuh cahaya. Hiii…

KarimunJawaBulanJuli2012_185_thumb1LostKarimunJawaPart2_69_thumb1LostKarimunJawaPart2_75_thumb1LostKarimunJawaPart2_79_thumb1425491_342890082454368_440703021_n_t3073_10151013887628232_738635387_n_2[2]LostKarimunJawaPart2_113_thumb1406316_10151013878923232_27639151_n_

Setengah jam kemudian menyusul rombongan kapal-kapal lain yang ikut menjelajahi spot yang sama. Untung dua kapal kami sudah tiba paling awal sehingga sempat menikmati snorkeling sebelum ramai. Saat mulai begitu ramai, kami sudah selesai dan menuju lokasi berikutnya: berenang di kolam hiu!

Kolamnya kecil saja, tapi yang penting isinya: ikan hiu! Walaupun belum dewasa, sosok hiu hitam yang anggun sekaligus misterius itu tetap membuat jantung berdebar. Kami masuk ke kolam dan berenang bersama mereka. Didekati, mereka pergi. Mungkin takut juga melihat manusia. Nah, begitu saya penasaran mencari-cari hiu di dalam kolam yang keruh itu, begitu hiunya mendekati saya, sayanya yang pergi. Bergidik sendiri, maklum penonton Jaws dan film-film bergenre serangan hiu lainnya. Walaupun takut, tapi toh orang-orang nyemplung juga. Mumpung hiunya masih bayi, katanya. Saya lupa tanya waktu sebelum masuk: hiunya sudah dikasih sarapan, kan, Pak?

LostKarimunJawaPart2_118_thumb1LostKarimunJawaPart2_122_thumb1

Berikutnya kami menuju pantai pasir putih yang tak jauh dari kolam hiu untuk aksi foto-foto terakhir. Kembali berbagai jurus foto diperagakan. Tidak banyak yang bisa diceritakan, sudah pasti narsis, hehehe…

KarimunJawaBulanJuli2012_221_thumb2205343_10151013943203232_88286140_n_314876_342883195788390_637685750_n_tKarimunJawaBulanJuli2012_207_thumb3

Kami kembali ke penginapan setelah makan siang. Mandi, beres-beres, lalu ke pelabuhan untuk naik kapal. Kapal ke Semarang berangkat jam 13.00 WIB, sedangkan kapal ke Jepara pukul 14.00 WIB. Kali ini kapal lebih sepi sehingga bisa berangkat tepat waktu. Kecepatan pun bisa dipacu di atas perairan yang tenang, tapi akibatnya kapal terasa melayang-layang. Saya mulai mabuk laut: pusing-pusing dan keringat dingin. Untung belum sampai ‘nembak’ (muntah). Kalau sudah terasa mau muntah saya banyak tarik napas dan gerakkan mulut seolah-olah mengunyah makanan. Jangan dipikir akan muntah, biasa saja. Kawan saya yang sudah tak kuat duduk di dalam segera berpindah ke dek sehingga bisa melihat ke luar. Dia juga selamat tidak ‘nembak’.

Kapal sampai di Jepara tepat waktu, lalu perjalanan kembali diteruskan ke tempat makan di awal tadi. Kali ini saya coba soto. Sebenarnya rasanya tidak terlalu istimewa, biasa saja. Di sini kami membeli oleh-oleh dan melaksanakan shalat maghrib. Setelah ini tidak ada pemberhentian lagi selain untuk buang air atau shalat subuh. Pantura, kami datang lagi…

Senin, 9 Juli 2012

Trip ini berakhir setelah kami kembali ke titik awal keberangkatan: Gelael Pancoran. Waktu menunjukkan pukul 08.30 WIB. Tidak terasa perjalanan ini berakhir dengan selamat dan menyenangkan. Terima kasih untuk Mlancong Indonesia (mas AM dan mas Dani), kawan-kawan seperjalanan, dan spesial pakai kornet untuk Deedee yang sudah menyediakan akomodasi wisata Karimunjawa ini Senyum

Au revoir, sampai jumpa di jalan-jalan berikutnya Senyum

KarimunJawaBulanJuli2012_235_thumb2KarimunJawaBulanJuli2012_237_thumb11

Foto dari album Facebook milik Andez, Adit, dan Deedee.