Hari Kamis, 6 September 2012, saya memutuskan untuk mencoba berbelanja online di Bhinneka.com. Alasannya karena barang (keyboard) yang ingin saya beli ini, setelah saya cek harga di Ambasador, ternyata Bhinneka menawarkan harga yang lumayan lebih murah. Hari Rabu, 5 September juga ada Midnight Sale, yang saya berharap agar keyboard ini termasuk item yang didiskon. Ternyata tidak, namun saya tetap memutuskan untuk memesan dari Bhinneka. Saya pikir reputasi dan pelayanannya akan cukup memuaskan.

Pemesanan dan pembayaran saya selesaikan Kamis pagi sekitar pukul 2 dini hari. Konfirmasi pembayaran diterima Bhinneka tidak lama setelah itu. Saya berharap kalau sepagi ini sudah dipesan, setidaknya Bhinneka akan lebih cepat memprosesnya. Namun ternyata, status pemesanan saya baru berubah menjadi “Processing” dari “In Waiting List” hampir pukul 16:30 WIB. Lebih dari 12 jam kemudian status saya baru diperbarui semenjak konfirmasi pembayaran diterima. Itu pun, entah berhubungan atau tidak, setelah saya mengirim email ke alamat yang tercantum di order tracking saya, nursiti.nury@bhinneka.com, dan chatting langsung dengan salesnya. Sebagai catatan saja, walaupun di web tercantum bisa mengubungi sales@bhinneka.com untuk menanyakan status order, tapi email ini tidak pernah memberikan balasan dari 2 email yang pernah saya kirimkan.

Sampai tulisan ini dibuat, Jum’at, 7 September 2012 pukul 13:19 WIB, belum ada kabar apapun mengenai status pengiriman barang saya. Barang yang sudah saya bayar lunas, lho, bukan dicicil. Lucunya, alamat pengiriman barang ini, Mega Kuningan, tidak jauh dari lokasi main office Bhinneka di Gunung Sahari, Jakarta Selatan. Lebih mantab lagi, Mega Kuningan ini berseberangan dengan Mall Ambasador, tempat salah satu toko offline Bhinneka. Pengiriman dalam kota Jakarta memang gratis. Apa gratis itu yang menyebabkan pengirimannya lama? Dalam kota lho, sama-sama Jakarta Selatan dan dekat dengan toko Bhinneka pula. Wajar, kan, kalau saya berharap waktu pengirimannya lebih cepat? Kalau se-lama ini pelayanannya, ya mending saya datangi sekalian toko fisiknya di Gunung Sahari. Toh saya cuma beli 1 item yang tidak repot packagingnya.

Di web memang tercantum waktu pengiriman memakan waktu antara 2-4 hari, yang katanya dengan menggunakan jasa pengiriman yang paling efisien dan efektif. Apa ini berlaku untuk semua jenis pemesanan ke semua tempat? Kalau banyak item ke luar kota Jakarta, okelah. Tapi 1 item ke Jakarta Selatan memakan waktu 2 hari? Oh, come on. Bagaimana bisa bersaing dengan toko offline kalau pelayanan online memakan waktu lebih lama?

Nah, kalau sampai akhir jam kerja hari Jum’at ini belum juga dikirimkan, artinya harus menunggu sampai Senin karena alamat pengiriman adalah alamat kantor. Sabtu dan Minggu kantor libur. Jika ini terjadi, maka semenjak saya memesan sampai keyboard diterima akan memakan waktu Kamis, Jum’at, Sabtu, Minggu, dan Senin. Lima hari untuk memesan 1 item dari Bhinneka.com ke Jakarta Selatan. Wow.

Sayangnya saya telat mengecek testimoni orang-orang yang berbelanja di Bhinneka karena saya pikir reputasinya OK. Berikut cuplikan hasil pencarian di halaman pertama Google dengan kata kunci “belanja di Bhinneka lama”.

Dan cek di Twitter, ternyata ada yang lebih parah, pesan tanggal 3 September, baru mulai dikirim 6 September 2012. Prosesnya tiga hari, hmm…

Pemrosesan pesanan dan respon yang tidak cepat membuat saya berpikir ulang untuk memesan online kedua kalinya. Ya, ini pemesanan saya yang pertama, dan agaknya kalau tidak sangat kepepet, yang terakhir. Rasanya saya akan kembali memposisikan Bhinneka seperti yang telah saya lakukan selama ini. Sekedar etalase untuk mengecek tipe dan harga barang. Kalau beli online, nggak dulu deh. Yaa, kecuali Bhinneka gets better.

Update (Jum’at, 7 September 2012):

  1. Sepertinya kasus keterlambatan ini bukan menimpa 1-2 konsumen. Nampaknya Bhinneka sedang overload atau kekurangan resources untuk menangani banyaknya pemesanan. Itu bagus karena berarti Bhinneka laku. Itu buruk karena tingkat komplain dari konsumen meningkat. Buat kita-kita yang barangnya belum datang, silakan bersabar dan berdoa agar barang, pada akhirnya, bisa kita terima dengan selamat. Toh bertanya mengenai status barang nampaknya juga tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan, mungkin lagi pada sibuk semua.
  2. Kita, yang sudah memesan, rasanya begitu percaya dengan tampilan web dan promosi Bhinneka yang meyakinkan. Kita pun percaya bahwa pelayanannya akan memuaskan. Nah, saat harapan yang tinggi ini tidak terjadi, kita kecewa. Sabar aja, kembali ke poin satu :)

Update (Sabtu, 8 September 2012):

Karena sampai kemarin pesanan saya belum datang, maka saya coba datang ke main office Bhinneka di Gunung Sahari (kalau naik Busway koridor 5, turun di halte Budi Utomo). Setelah dicek di sana, ternyata saya sudah mendapatkan nomor resi Tiki per pagi menjelang siang hari ini.

Jadi barang pesanan saya sudah di Tiki, bukan lagi di Bhinneka. Saya berharap Tiki dapat mengantarkannya di hari Senin (10 September 2012).

Sebagai catatan, ternyata jika kita memesan online, yang melayani bukanlah toko di Gunung Sahari seperti yang saya duga, melainkan dari gudangnya di Sunter. Jadi asumsi saya bahwa lokasi tujuan saya dekat dengan Bhinneka yang sama-sama di Jakarta Selatan itu salah. Selain itu, proses pemesanan online tidak dapat dibatalkan dengan pembelian offline di toko Bhinneka jika kita berniat untuk mengambil barang langsung di toko daripada menunggu kiriman yang menurut kita lama.

Demikian, semoga yang masih menunggu kiriman segera mendapat konfirmasi dan barang bisa selamat sampai tujuan.

Update (11 September 2012):

Tracking dari web Tiki:

Update (12 September 2012)

Tracking dari web Tiki:

Barang diambil Tiki dari Bhinneka hari Sabtu, 8 September, baru diinput tanggal 10 September, dibuatkan dokumen pengirimannya tanggal 11 September, lalu baru diantar 12 September. Jadi total jenderal waktu yang dibutuhkan sejak pemesanan adalah 6 September – 12 September = 7 hari. Ok, deh Senyum

Dan akhirnya…

Selamat Berbelanja Senyum

Tagged with:
 

77 Responses to Belanja Online di Bhinneka.com? Lamaaa…

  1. bagaspatih says:

    Wah telat taunya nih……pesan tgl 18/3 sampe skrg gak jelas dmn barangny,email gak pernah dbalas,yg gw heran apa bosny bhinneka tau gak yah,kalo tokony begini…..mudah2an dia baca koment2 ttg toko-nya ini….

  2. Thanks all untuk masukan yang disampaikan. Kami mendengar dan terus melakukan perbaikan. Bhinneka.Com sudah 14 thn melayani online bisnis, dan selama ini hanya dengan membangun kepercayaan dan rasa aman’lah yang membuat kami terus bertumbuh. Jadi kami ada karena teman-teman yang mau sharing. Thanks yang sudah belanja dan harapan untuk kami tetap menjadi webstore asli Indonesia yang bertahan.

  3. Bagaspatih says:

    For vensia-bhinneka;wah pas banget nih……ini ada bbrp usulan buat toko bhinneka-nya mbak vensia,pertama di bag.operator telp,agar menghandle kembali telepon2 yg msk apabila tdk ada jawaban dr telp extension yg dtuju,biar pelanggan yg menelpon tdk hrs menunggu terlalu lama,trus yg kedua agar para sales consultant bs membalas email2 yg msk,yg ketiga untuk bag.pengiriman yg dsunter agar koordinasi dgn bhinneka pusat lebih baik lg kdepanny agar barang yg dkirim sesuai dgn barang yg di order,yg ke-4 untuk refund dana jgn terlalu lama,sampe mkn wkt 5hr,bandingkan dgn wkt kt transfer dana yg cm mkn wkt sktr 10 menit,trus yg terakhir agar wkt pengiriman 2-7 hr bs dkondisikan dgn jarak pengiriman,jd contohny kalau cm sputaran jkt bs di ambil 2hr-ny dan kalo luar jkt mnkn bs di ambil 7hr-nya…….mudah2an usulan ini bs jd bhn pertimbanganny

  4. Agung says:

    @Vensia-bhinneka: Semoga kritik pelanggan ini jadi bahan evaluasi dan perbaikan Bhinneka ke depan, ya.

  5. Lia says:

    hehe skrng susa juga ya kalo baca-baca testimoni berderet-deret gini…jd mikir : ini org” pd saling kenal gak yah?…koq smua bilangnya “telat niy baru baca” :-D
    tp lmyn jg utk referensi…barusan mo beli online niy di bhinneka.com…nti deh tanya” pndpt org” lain lagi dulu…

  6. Agung says:

    @Lia: Yaa nggak kenal, makanya bilang gitu. Baru ketemu setelah googling :)

  7. semprul says:

    pengalaman saya juga gitu.. luaamaa..
    kalau gitu terus.. yakin bhinneka gak lama akan punah..

  8. NobadiInHir says:

    still waiting when the shipment (day 3) ……

  9. Blablabla says:

    baru baca blog ini setelah menanti barang dari bhinneka yang tidak kunjung datang….(day 3)
    dibanding lazada, bhinneka kelamaan

  10. Axl Torvald says:

    Dear,

    Dengan ini saya umumkan bahwasannya Bhinneka bukan merupakan Toko baik Online maupun Offline. Tapi Bhinneka hanyalah sebuah TOKO MAKELAR. Dimana ketika ada pesanan baru barang dicarikan dan dikirim.

    Demikian pengumuman ini.
    Harap maklum.

  11. Andre says:

    Saya cuma sekali beli barang di Bhineka.com. Beli barang hari selasa, sampai di semarang hari senin minggu depannya. WTF. Sekarang kalo mau beli peripheral komputer, nyarinya di bhineka, maksudnya nyari gambar sama ulasan produknya, tapi belinya di enterkomputer.com. Beli pagi di enterkomputer siangnya udah dapet tracking number, esok sorenya dah sampe. Btw, saya bukan sales dari enterkomputer, tapi hanyalah salah satu pelanggan yang puas dengan pelayanannya.
    Thx anyway buat bhineka.com yang udah nyediain gambar ma spec produk untuk mempermudah belanja di enterkomputer.

  12. Ayang says:

    Kalah professional dibanding pendatang baru JAKARTA NOTEBOOK, mrk selalu on time kirim barang.

  13. biancad says:

    waduuhh… telat baca reviewnya, sudah kburu transaksi kemarin, dan bener, status pengiriman nya gak jelas -_-
    malah ongkirnya dihitung asal 2x lipatnya dari ongkir tiki -_-

    Ada keanehan juga, di salah 1 produknya sy lihat review ada sekitar 10an (bagus & jelek nyampur), pas tado ngecek lagi, ternyata yg review jeleknya sdh gak ada -_- tidak jujurkah dengan cara menghapus review buyer yg komplain???

  14. Rony says:

    Wahh..telat tau blog ini, kemaren baru transaksi, sempat td nelp ke bhinneka nanyain no resi, dijawab blom ada katanya, process 2-7 hari busyeet …nyesel gw beli disini, sy sering belanja online tapi ga selama ini kebanyakan aturannya kalo kita transfer sebelum jam 3 sore barang dikirim hari itu jg …enterkomputer, jakartanotebook, rakalap adalah beberapa contoh online store yg tepat waktu …..

  15. bagas says:

    mau transaksi beli keyboard.. googling testimoni… nemu postingan ini… batal beli di situ deh… tks dah share info

  16. apri says:

    ya kirain dengan namanya, bisa cepat. lebih cepat pesan pizza.

  17. moiq says:

    sama gan…nyesel beli di bhinneka, lama banget barang dianternya, gak rekomen belanja di bhinneka

  18. Danny says:

    Ane jg gan, malah udah 12 hari barang belum dikirim, blom ada resi. Gara2 Barang ane gk ada satu, tp ane udah minta refund dan pengiriman buat brg yg lain tp Parah dah pelayanannya. Sales officer responnya lama bgt, email gk dibales2, sms gk dibales2, gk bakal dah belanja disana lg

  19. nathan says:

    Gw lagi nunggu email resi pengiriman untuk hari ke 3…apa salahnya sih cepet.gw bayar tgl 17 kirimlah tgl 18nya…

  20. miranti says:

    Wah menyesal saya baru baca artikel ini. Saya pesan HP andromax c3 sejak tanggal 18 Februari 2015 sampai sekarang (27 feb) belum sampai. Bahkan belum ada resi. Saya domisili Surabaya. Cukup sekali ini aja deh ya belanja di bhinneka.com mending Lazzada
    Semoga tidak ada korban selanjutnya.
    Terima kasih infonya gan.

  21. Wise Man says:

    Buset dah, masih ada mbak miranti, saya korban baru dengan kasus yang sama, nyeselnya juga sama. Nasib, baru baca n ternyata kasusnya banyak terjadi dan hampir sama semua. Nyesel n secara pribadi gue gak akan belanja d sana lagi dah, barang sampai sekarang belum di kirim, padahal dah 3+ hari. Belanja d online shop yang lain cuma 1 hari dah sampai barangnya. 2012 – 2015 dengan kasus yang sama, mau jadi yang no.1 lg,PARAH! gimana yang 2 dan yang ke-3.

    Kalau saran dari temen2 kaskus dan yang lain, jadiin referensi/patokan harga aja, belanjanya di toko lokasi agan/sis yang terdekat or toko online lainnya, karena gak semuanya dapat masalah, ada juga yang lancar belanja di sana.

    Screenshot gan, artikelnya buat bukti ,trus post d forum lainnya (like kaskus) supaya tidak ada korban lainnya n konsumen jadi lebih berhati2 n gak kecewa kalau tau pernah ada kasus ginian.

    BTW memang d blog/forum yang lain juga ternyata banyak yang bahas dengan kasus yang hampir sama dengan toko online ini.

    Mereka harus belajar, beberapa orang tidak mempermasalahkan harga, tapi waktu jauh lebih berharga. Kami belanja online karena tidak ada waktu kesana kemari karena faktor sibuk, pulang malam, dll. Untungnya masih ada toko online lainnya yang masih bisa d percaya.

    Saran saya usahakan belanja langsung ke tokonya or toko komputer terdekat. Kalau terpaksa, cari review tentang toko online sebelum belanja. Jadi ini salah saya juga yang gk review dulu sebelum belanja :)

    Sesuai pengalaman saya, belanja di bukalapak.com or tokopedia.com juga ok, kalau mau belanja barang yang banyak dari 1 toko, tlp dulu pemiliknya buat nego biaya pengiriman barang dijadikan satu paket. Yang penting lihat/cek feedback apakah toko itu pelayanannya bagus atau tidak. Yang terpenting lagi, harganya, karena ada yang berani kasih harga miring dari toko yang lainnya, seru lihat persaingan harganya.

    UGH, capek deh. Tetap positif dan berharap saya korban terakhir :) kalau masih ada lagi, hm… no comment.

  22. Weydo Haria Maser says:

    Saya menyarankan jangan membeli produk Pre-Order dr Bhinneka, dijamin estimasinya lama dan gak karuan, ditambah lagi informasi barang yg di order susah didapatkan.

  23. Agung says:

    Pesanan saya dari jum’at lalu juga ndak jelas. senin siang baru diberi konfirmasi email bahwa salah satu barang tidak tersedia.. (kok bisaa?? pdhl saat pembelian stok ndak sold out.) dan menawarkan apakah barang lain yg tersedia bisa dikirim terpisah. sudah saya balas email tsb agar barang yg ada dkirim dulu. sudah, cuma itu. ndak ada email konfirmasi lagi, saya coba sms terkirim tp ndak ada balasan, saya chat responnya lama baru ada respon katanya suruh telpon CS, saya telp CS sibuk, saya telpon nomor dg extensi ndak diangkat. dan ini sudah hari ke-4 tampa kejelasan barang kapan dikirim, barang yg kosong bagaimana.
    Pokoke kapok.

  24. Belanja online memang menyenangkan tetapi kita juga harus berhati-hati agar tidak kecewa nantinya :)

  25. Andi Raisha says:

    Oh no.. saya salah beli di Bhinneka.com nih. Baru baca review negatif dari konsumen mengenai pelayanan Bhinneka.com yang super lamban.

  26. Queeennnnnz says:

    Yah udah terlanjur beli ternyata banyak kejadian spti ini. Saya beli dari rabu. Baru di proses jumat. Duh semoga sabtu bisa datang barangnya. Padahal sesama jakarta. Sedih eike kelamaan :(

  27. Gafar Yudtadi says:

    Baru baca setelah menunggu lama kiriman barang. Kecewa, menyesal tapi mau bagaimana lagi, sudah terlanjur beli di Bhineka. Pelajaran berharga kalau beli jangan di Bhineka. Kalah cepat dengan Tokopedia dan Bukalapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>