Di mana-mana katanya orang yang kerjaannya teknis selalu berada di rantai komando paling bawah dari sistem. Bagian yang kerjaannya paling konkret tapi juga paling sedikit diapresiasi karena sifat kerjaannya yang di belakang layar. Kalau ada problem, orang teknis yang paling mengerti dan paling bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Kalau ada pujian, orang teknis bisa jadi yang paling terakhir menerimanya.

Bagi orang teknis, dia merasa bahwa pekerjaan ‘kasar’ nya itu penting banget. Dia merasa bahwa tanpanya, sistem tidak dapat berjalan. Bisa lumpuh, atau mati sama sekali. Tapi bagi keseluruhan sistem dan orang yang mengendalikannya, bisa jadi orang teknis itu nggak penting-penting amat. Kalaupun ditinggal, akan selalu ada orang teknis lain yang akan menempati posisi kosong tersebut. Mungkin sistem terganggu atau melambat sesaat, tapi tidak ada masalah selama orang baru dapat menggantikan pekerjaan orang lama. (Catat ya, tidak penting-peting amat).

Maka bagi para engineer yang merasa tidak diperlakukan penting, harus punya rencana untuk naik pangkat dan merencanakan menduduki jabatan manajemen atau mengambil pekerjaan non teknis lainnya. Jika perusahaan sekarang tidak dapat menyediakan peluang itu, maka patut dipertimbangkan untuk berganti kantor dengan tujuan naik jabatan. Jangan mau seumur hidup jadi orang teknis. (Yeah, provokatif banget, nih gw Senyum dengan lidah terjulur )

Jangan merasa puas dengan pekerjaan engineer. Cepat atau lambat, agar posisi kita semakin penting, mengerjakan pekerjaan teknis harus sedikit demi sedikit ditinggalkan. Jangan khawatir karena akan selalu ada orang baru yang akan menggantikan posisi engineer yang ditinggalkan. Teknis memang penting, tapi selalu ada mekanisme alam yang menjaga ketersediaan tenaga kerja engineer di masa depan. Dan tentu, begitu banyak dunia di luar dunia teknis yang sama, bahkan lebih penting. Hati-hati jadi katak dalam termpurung.

Jadi, sudah siap naik pangkat atau pindah kantor? Hehehe.

Picture: [1]

Tagged with:
 

2 Responses to Mau Seumur Hidup Jadi Engineer ?

  1. zulkadri says:

    terlambat baca yang ini,

  2. Agung says:

    @zulkadri: terlambat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>