Sumber: http://www.gramediapustakautama.com

Kalau ada yang penasaran cara introvert melihat dirinya dan dunia, novel ini bisa memberikan gambaran tentang itu. Terutama soal berdamai dengan masa kecil yang tidak ‘indah’. Yang lebih banyak mendung daripada terangnya. Lebih banyak tangis daripada tawanya.

Penulis novel ini seorang introvert dengan imajinasi yang tinggi. Kombinasi itu melahirkan seorang anak kecil berbaju merah putih yang senantiasa muncul menemaninya selama di Amerika. Spoiler: anak itu adalah alter egonya dari masa lalu, masa kecilnya sendiri. Sosok yang menjadi tumpahan memorinya selama 9 musim panas dan 10 musim gugur yang menjadi judul novel ini.

Sebagai anak sekolah yang tinggal di kota kecil Batu, sebelah barat kota Malang, kehidupannya jauh dari berkecukupan. Ayahnya bekerja sebagai sopir angkot untuk menghidupi dirinya dan keempat saudara perempuannya. Walaupun semuanya berhasil sekolah, namun perjalanan ke sana tidak mudah. Perjuangan ayah dan kesabaran ibunya itu terbayar: ia bisa berkarir hingga ke New York dan mengubah nasib keluarganya.

Lalu niat apa yang bisa mendorongnya keluar dari nasib menjadi sopir seperti ayahnya? Spoiler (lagi): jawabannya ada di bab terakhir saat suatu hari orang tuanya bertengkar. Ia tidak tahan lagi melihat airmata ibunya. Ia bertekad akan membahagiakan perempuan itu, membahagiakan keluarganya.

Kita tidak bisa memilih masa kecil kita. Dan tidak jarang ada luka di sana. Cepat atau lambat kita harus berdamai. Menerima, lalu merelakannya. Walau dengan itu kita tidak akan pernah sama lagi melihat dunia. Namun itu tak mengapa selama masih tersisa cinta.

P.S. : Ada yang sudah nonton filmnya?

Penulis: Iwan Setyawan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (Maret 2013)

Tagged with:
 

One Response to Buku: 9 Summers 10 Autumns

  1. Menarik ini bukunya, ini bukunya bercerita tentang orang yang memiliki kepribadian ganda atau skizofrenia gitu ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>