Kalau kompor ditinggal dan apinya lupa dimatikan, bisa gosong akibatnya. Mekbuk saya ditinggal sebentar, dan ini akibatnya:

MacOs X's Kernel Panic

Akhirnya saya kebagian juga, the infamous black screen of death milik Macintosh. Saya kira beralih dari Windows, akan terbebas dari Windows’ Blue Screen of Death. Ternyata mereka cuma ganti warna, yang satu biru, satu lagi hitam. Dua-duanya udah nggak bisa diapa-apain. Tinggal restart dan berdoa agar masalah hilang setelah dinyalakan kembali.

Kernel Panic

Berhubung saya tidak mengetahui sebab musabab errornya (kernel panic), yang saya lakukan awalnya hanya restart dan berharap error itu hilang. Agak bodoh memang, mana mungkin berharap hasil berbeda dengan melakukan pekerjaan yang sama. Eh ada lho, cowok yang udah cinta mati sama mantan, lalu berharap cewek yang datang kemudian harus sama dengan si mantan. Dan dia heran, mengapa dia ditolak terus. Tapi sodara-sodara, mari kita ikhlaskan masalah percintaan ini ke Mario Teguh. Walaupun saya bukan Tukul, tapi mari kita kembali ke laptop saja.

Nah, setelah jungkir balik melakukan diagnostik dan langkah-langkah mengatasi kernel panic tersebut, hasilnya tetap nihil. Sekarang kayanya saya yang panik, bukan cuma kernelnya. Muncul lagi, muncul lagi. Pernah didiamkan beberapa hari, lalu restart lancar sampai bisa menjalankan disk utility dari Startup Disk. Saya senang sekali selama 15 menit yang indah itu, sampai saya sadar itu hanyalah PHP. Muncul lagi, muncul lagi. Setelah itu, frekuensi munculnya semakin sering, nggak sampai 15 menit. Baru 2 menit, error lagi, error lagi. Makin curiga bahwa something wrong di memori RAM.

Broken RAM

Agar yakin, saya bawa ke toko servis mekbuk UB Com di Ambas. Awalnya saya ditolak halus karena seharusnya dia sudah tutup jam 19:00 WIB. Saat itu waktu menunjukkan 19:30 WIB. Dengan wajah memelas dan sedikit maksa, mas-mas yang baik hati akhirnya luluh hatinya. Saya dilayani sampai hampir pukul 21:00 WIB. Karena kebaikan hatinya, saya pasang kartu namanya secara cuma-cuma di sini:

UB Com Ambas

Recommended dan helpful sekali pokoknya. Dengan sabar, memori saya dicopot satu-satu dan ditukar dengan memori lain yang dia punya. Kesimpulannya: satu modul memori DDR2 1GB merk Kingston is out of order. Ibarat pemain bola yang sudah kecapekan, dia harus diganti. Masalahnya, modul memori DDR2 ini sudah langka, jadi harganya mahal, sampai 400 ribu-an. Nggak oke ya, harganya? Segitu cuma dapet sekeping RAM saja. Dan komponen ini ya…sebaiknya yang baru, jangan beli seken karena mau harganya miring. Lalu apa akal?

Lifetime Guarantee

Alhamdulillah, Allah melewatkan sebuah ingatan (memori) tentang RAM ini. Bukankah produsen memori komputer, baik RAM maupun flash, mencantumkan di kemasan produknya ‘Lifetime Guarantee’? Kalo rusak, bisa dibalikin dan diganti baru? Memang begitu harusnya, apalagi rusaknya internal karena pemakaian ya, bukan jatuh terus patah jadi tiga. Harusnya RAM saya ini bisa ditukar secara gratis alias cumi-cumi, eh cuma-cuma. Sayang, si mas servis cuma bisa ngebantuin untuk merk V-Gen yang dia tahu, bukan Kingston. Oke lah mas, berarti tinggal mencari distributor utama memori Kingston di Jakarta ini. Ngomong-ngomong, kenapa mas-nya nggak bilang dari awal kalau RAM bisa ditukar gratis gini, ya? Apa biar saya beli RAM baru dari dia? Hehehe, peace mas, kelupaan ngasih tahu info garansi aja kali, yaaa :D

Berdasarkan informasi, distributor memori Kingston adalah PT. Nusantara Eradata yang berkantor di Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta Utara. Beberapa review, walaupun tak banyak, mengatakan cukup mudah menukar memori yang bergaransi seumur hidup ini (btw, ini seumur hidupnya siapa, ya? Saya? Memorinya? Atau Eradata? Kalau ada yang tahu, SMS saya aja, ya). Maka saya pun mendatangi kantornya yang terletak di komplek ruko belakang Bank BCA dan BRI di jalan Pangeran Jayakarta itu. Telepon dulu saja kalau tak yakin lokasi persisnya.

Di depan ruko yang tidak ada plang dan judul tokonya itu, saya bingung. Nggak yakin, tapi kayanya bener. Aneh ya, kantor tapi nggak ada judulnya. Setelah masuk dan mengkonfirmasi bahwa kantor ini adalah Eradata, saya menjelaskan duduk persoalannya. Sambil berdiri. Setelah itu, baru boleh duduk. Capek juga berdiri lama-lama, memangnya antri di ATM. Nah, suasana kantornya santai sekali. Saya dilayani mas-mas yang hanya menanyakan nama saya, sebagai pemilik memori. Untung nggak sampai nanya nomor HP apalagi akun FB. Saya bilang saja kalau memorinya tiba-tiba rusak waktu laptop sedang digunakan.

“Oke, ditunggu ya mas, diganti dengan yang baru”, sahutnya, setelah mengecek bahwa memori Kingston itu valid dikeluarkan oleh Eradata (ada hologramnya).

“Oke, mas”, balas saya. Walaupun saya bilang oke, sebenarnya saya agak ragu. Masa iya, semudah ini klaim memori? Bilang rusak, lalu ganti baru? Gratis apa bayar? Kawan, inilah akibat keseringan ditipu sebagai konsumen dengan janji-janji garansi produsen barang.

Tak lama kemudian, si mas kembali menghampiri.

“Ini mas, memori barunya, tolong ditandatangani di buku catatan keluar barang ini”.

“Oya, mana yang harus saya tanda tangani?”, jawab saya. Saya cek memorinya, modelnya lebih baru daripada model yang rusak. Tapi ini memang memori baru, dikeluarkan langsung dari case-nya, jawab si mas. Oke lah, saya percaya. Seharusnya bisa saja saya membawa mekbuk untuk langsung dipasang dan dites. Tapi berat, jauh-jauh bawa laptop. Saya cek spesifikasi bus-nya (DDR2 667/ PC2 5300) dan kapasitasnya (1GB). Cocok. Walau di hati kecil saya yang dalam, berharap si mas salah ambil memori dengan kapasitas dua kali lipatnya (2GB). Dikasih hati, minta jantung, hadirin sekalian.

RAM Kingston 1GB DDR2 Baru

“Oke mas, terima kasih, ya”. Sudah. Begitu saja. Mudah, tak berbelit-belit. Klaim RAM Kingston di Nusantara Eradata sangat memuaskan. Saya bisa dapat ganti memori baru tanpa beli baru. Cukup diklaim. Lumayan ya, hemat 400 ribu rupiah. Paling ngeluarin biaya sukarela cek memori di Ambas tadi (sukarela: saya suka, dia nggak rela) dan transport PP ke Pangeran Jayakarta.

Alhamdulillah, not bad at all Kingston, not bad at all :)

Tagged with:
 

2 Responses to Mudahnya Klaim RAM Kingston

  1. ardita says:

    Boleh nih. klo leptop saya ada apa2 bisa dialungkeun ke kang agung :D

  2. Agung says:

    @Dita: Sok kadieu-keun, kénging garansi. Garansi moal dibalikeun deui :P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>